Kecelakaan Sophan Saat Mengikuti Touring “Jalur Merah Putih”


Sophan Sophian salah seorang tokoh yang juga merupakan Bikers senior telah meninggal dunia saat mengikuti/memimpin konvoi Jalur Merah Putih dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional. Konvoi tersebut diikuti berbagi jenis motor besar terutama dari jenis Motor Touring dan Choppers antara lain dari Harley Davidson, BMW, Goldwing. Rencananya aktor kawakan tersebut bersama rombongan akan mengelilingi pulau jawa sekaligus mengadakan bahkti sosial di setiap tempat dimana rombongan berhenti.

Kronologi Kecelakaan Almarhum Sophan Sophian


Sekitar pukul 09.49 WIB, rombongan ini melintas di wilayah Ngawi, Jawa Timur menuju Sragen, Solo. Namun saat berada di perbatasan Ngawi-Sragen, tepatnya di kawasan hutan Widodaren, sepeda motor besar yang tunggangi Sophan menghantam lubang besar. Seketika itu juga, sepeda motor tersebut oleng dan akhirnya terjatuh.

“Waktu jatuh Pak Sophan belum meninggal. Namun dia mengalami patah kaki dan tidak sadarkan diri. Dia kemudian dilarikan ke RS Sragen dengan menggunakan ambulans dan meninggal beberapa saat kemudian,” ujar Tri Erika, salah satu peserta Konvoi Jalur Merah Putih kepada detikcom, Sabtu (17/5/2008).

Menurut Tri, Sophan mengalami kecelakaan tunggal. Dalam peristiwa itu hanya motor Sophan yang terjatuh. Dia membantah informasi yang menyebutkan kecelakaan itu melibatkan 2 sepeda motor lainnya. “Yang jatuh cuma motornya Pak Sophan, tidak ada lagi. Lubangnya cukup besar, seukuran ban motor Harley-lah,” ungkap Tri.

Diakui Jalur Tersebut Cukup Rawan

Meski tidak di ikuti oleh komunitas Ducati Desmo Owners Club - DDOCI, namun banyak anggota DDOCI senior yang sudah beberapakali melewati melawati rute tersebut memang diakui memiliki rintangan yang sulit, mulai dari tikungan berliku hingga lubang besar. Akibatnya meski telah dibekali pengalaman maupun skill yang mumpuni tetap saja rute tersebut cukup berbahaya untuk dilalui. Terbukti kali ini telah memakan korban Bikers Senior - Sophan Sophiaan.

Tujuan Mulia ” Konvoi Jalur Merah Putih”

Meski sempat di protes karena memasuki jalan Tol, namun sebenarnya rombongan konvoi ini telah mengantungi izin resmi dari kepolisian untuk memasuk jalan bebas hambatan tersebut. Tujuan konvoi Jalur Merah Putih adalah upaya komunitas motor besar utuk membangkitkan rasa kebanggaan terhadap bangsa indonesia yang sudah mulai pudar karena sentimen pengkotak2kan berdasarkan SARA. Terbukti di setiap tempat konvoi berhenti mereka melakukan upacara bendera yang kini sudah jarang dilakukan, serta melakukan bakti sosial kepada masyarakat setempat, sebagai catatan bahkti sosial yang dilakukan tidak sekedar simbolis namun memang memiliki kapasitas layaknya bhakti sosisal pada umumnya alias signifikan.

Selamat Jalan Broters - mengucapkan Turut Berduka Cita

Meski tidak mengenal dekat secara pribadi, selaku media Sepeda Motor , mengucapkan turut berduka cita atas meninggalnya Sophan Sophian. Semoga amal ibadanya diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa. Selamat jalan Bro, …

Link :kronologis kejadian

0 comments: